Mengurus anak di waktu darurat “Perhatikan dan jagalah anak-anak” – 93

Jam 17:00, tanggal 1 April 2011
Informasi Bagian Ke-93 mengenai bencana alam gempa di Samudera Pasifik Bagian Timur Laut

Mengurus anak di waktu darurat “Perhatikan dan jagalah anak-anak”

Dalam keadaaan yang sangat menegangkan, bagi orangtua yang mempunyai anak kecil, menjadikannya memaksakan diri untuk mengurus anak lebih dari biasanya. Adalah hal biasa apabila bayi menangis dan anak-anak membuat gaduh. Perhatikan dan jagalah anak-anak oleh kita semua.

○ Di waktu darurat merasa kesal karena stress adalah hal yang biasa. Berusahalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri karena sering merasa kesal dan tidak melakukan sesuatu yang bisa menimbulkan stress.
○ Anak-anak tidak bisa mengungkapkan perasaan takut dan khawatir akan sesuatu dan akhirnya mereka memendamnya sendiri. Usahakanlah untuk sering memeluk atau menggendong mereka karena dengan menyentuhnya mereka akan merasa aman.
○ Janganlah terlalu memperlihatkan berita mengenai bencana kepada anak-anak, karena hal tersebut bisa menimbulkan kekhawatiran bagi mereka.
○ Dengan melalui permainan yang biasa dilakukan oleh anak seperti “permainan gempa”, bisa menjadikan salah satu proses untuk mengatasi perasaan khawatir dan takut pada anak-anak. Usahakanlah untuk memperhatikan dan menjaga mereka.

Bekerjasama dengan : PT. Benesse Corporation
URL : http://care.shimajiro.co.jp

【Untuk keterangan lebih lanjut hubungi】
Pusat Bantuan Gempa Samudera Pasifik Bagian Timur Laut untuk berbagai bahasa
Email : tabumane110311@yahoo.co.jp

Back to Home | Back to Bahasa Indonesia.