Penjelasan mengenai gempa susulan – 114

Jam 14:00, tanggal 13 April 2011
Informasi Bagian Ke-114 mengenai bencana alam gempa di Samudera Pasifik Bagian Timur Laut

Penjelasan mengenai gempa susulan

Setelah sebulan lamanya gempa besar terjadi, gempa susulan masih terjadi terus menerus sehingga bisa menyebabkan perasaan khawatir bagi kebanyakan orang.
Gempa besar (Honshin) yang terjadi pertama kali disebut gempa sesungguhnya, sedangkan gempa yang terjadi setelah gempa tersebut adalah gempa susulan (Yoshin).
Gempa yang terjadi pada tanggal 11 Maret lalu adalah gempa yang sangat besar dengan kekuatan 9.0 Magnitude, sehingga mengakibatkan gempa susulan sebanyak 408 kali dengan kekuatan lebih dari 5 skala richter dalam satu bulan terakhir ini.
Jumlah gempa susulan seiring dengan berjalannya waktu akan berkurang, dan kadang-kadang di kemudian hari bisa terjadi gempa susulan yang besar. Dan di tempat yang terpisah dari pusat gempa, gempa susulan bisa terjadi.

Apabila terjadi gempa susulan di daerah yang terkena goyangan keras akibat gempa sesungguhnya maupun gempa susulan, bisa mengakibatkan runtuhnya bangunan rumah atau terjadinya longsor. Oleh karena itu untuk menghindari meluasnya kerusakan, janganlah mendekati rumah yang hampir rusak maupun tebing.
Selain itu gempa susulan yang besar bisa pula mengakibatkan terjadinya tsunami. Oleh karena itu perhatikanlah peringatan tsunami yang dikeluarkan.

【Untuk keterangan lebih lanjut hubungi】
Pusat Bantuan Gempa Samudera Pasifik Bagian Timur Laut untuk berbagai bahasa
Email : tabumane110311@yahoo.co.jp

Back to Home | Back to Bahasa Indonesia.